Menebak Alasan iPhone Selalu Telat Masuk Indonesia

http://us.images.detik.com/content/2015/02/03/317/132009_agaft.jpgMengapa iPhone selalu telat dipasarkan resmi di Indonesia? iPhone 6 baru akan dipasarkan selang 5 bulan setelah peluncuran resminya. Begitupun nasib iPhone 5S setali tiga uang alias sama saja. Apa kira-kira alasannya?

Tidak pernah ada keterangan dari Apple memang sehingga orang hanya bisa menebak-nebak. Pastinya, Indonesia memang dipastikan tidak mendapat prioritas dari Apple untuk menjadi tempat pemasaran awal generasi baru iPhone. 

"Tier 1 seperti Amerika Serikat dan Inggris, jadwal pemasaran paling cepat. Kemudian tier 2 itu seperti Singapura yang dekat waktu pemasarannya dengan perkenalan handset," demikian kata seorang sumber. 

Mungkin juga Apple menilai masyarakat Indonesia bisa membeli ke Singapura terkait banyaknya kunjungan ke sana. "Apple juga melihat misalnya kalau di Singapura, banyak iPhone di sana malah dibeli oleh masyarakat Indonesia," imbuh dia.

"Banyak hal yang jadi faktor, yang pertama Apple punya policy mana pasar yang didahulukan. Mereka tidak sekedar menjual handset, apa yang mereka tawarkan itu adalah servis dan ekosistem," kata sumber yang lain.

Ia menambahkan, Apple lebih mengutamakan pasar yang demand iPhone di sana sudah jelas. Alasannya adalah karena keterbatasan produksi handset.

"Apple ini juga tidak sembarangan menjual atau cepet cepetan. Mereka menunggu dulu sampai ekosistemnya bagus untuk iPhone," imbuhnya.

Apple memang mengandalkan ekosistem aplikasi sebagai salah satu nilai jual di handsetnya. Jadi kemungkinan, mereka menunggu sampai iTunes, App Store, Siri dan fitur pendukung lainnya dapat bekerja dengan baik.

Ditambahkan kalau masyarakat Indonesia masih belum begitu aware dengan ekosistem di iPhone tersebut. Karenanya, handset iPhone yang meledak di mancanegara belum begitu banyak diminati di sini.

Bagaimanapun, memang adalah hak prerogatif Apple kapan akan merilis iPhone di sebuah negara terkait pertimbangan yang hanya diketahui oleh mereka. Seperti pernah dikemukakan Djatmiko Wardoyo selaku direktur dan Marcomm Erajaya.

"Soal kehadiran iPhone 6 ke Indonesia, kami belum dapat memastikan karena keputusan itu sepenuhnya berada di tangan prinsipal. Ya, hanya Tuhan dan Apple-lah yang tahu kapan iPhone 6 masuk Indonesia," ujarnya berkelakar, sebelum ada kepastian kapan iPhone 6 masuk ke Tanah Air.

sumber : detik.com

0 Response to "Menebak Alasan iPhone Selalu Telat Masuk Indonesia"

Post a Comment